Tips Memilih Sepeda

Semakin lama, semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli sepeda. Namun, banyak yang kemudian menjadi bingung saat harus memilih sepeda mana yang pantas dibeli. Pertimbangan harga itu jelas. Tapi jangan lantas terburu-buru membeli sepeda termurah yang ada di pasaran. Pilihlah sepeda yang sesuai dengan Anda, dari segi budget dan kebutuhan bersepeda Anda. Masalah budget saya serahkan pada Anda, di sini saya akan coba membantu dengan memberikan pengetahuan dasar pada Anda tentang kebutuhan bersepeda Anda. Tidak sulit, kuncinya gunakanlah logika Anda.

Kebutuhan bersepeda Anda akan sangat dipengaruhi oleh di mana Anda akan bersepeda dan berapa lama Anda ingin bersepeda. Kedua hal inilah yang akan menentukan sepeda dengan fitur apa yang Anda butuhkan. Lupakan dulu tampilan sepeda yang enak dilihat mata, karena jika tidak sesuai maka hanya akan membuat Anda menyesal telah membelinya.

Di mana Anda akan bersepeda? Di jalan beraspal yang mulus atau jalan berbatu yang kasar? Hal ini menentukan kebutuhan Anda dengan fitur suspensi pada sepeda. Jika jalan itu beraspal mulus maka Anda bisa menggunakan sepeda tanpa suspensi sama sekali dan tetap nyaman (misal: road bike), sebaliknya jika jalan itu berbatu dan kasar sebaiknya Anda gunakan sepeda dengan suspensi (misal: sepeda hard tail atau full-suspension). Memang, sepeda gunung juga bisa digunakan di jalan beraspal. Namun suspensinya yang empuk malah akan membuat Anda lebih cepat letih. Ada juga sepeda dengan suspensi yang bisa diatur keempukannya (adjustable suspension). Sepeda dengan fitur suspensi tersebut dapat digunakan di jalanan apapun namun tentunya lebih mahal dari yang lainnya.

Apakah jalur bersepeda Anda datar atau miring? Kemiringan/kecuraman jalur bersepeda menentukan kebutuhan Anda akan sepeda bertransmisi (gigi sepeda atau kadang digunakan istilah speed). Jalan menanjak akan lebih mudah dilalui dengan menggunakan gigi rendah yang ringan, sementara jalan menurun akan lebih aman dilalui dengan gigi tinggi yang lebih berat. Untuk jalan datar, gigi normal cukup.

Seberapa jauh Anda akan bersepeda menentukan kebutuhan Anda akan kenyamanan. Kenyamanan itu sendiri akan sangat ditentukan oleh postur tubuh Anda. Panjang tungkai kaki Anda akan menentukan kebutuhan tinggi sadel, tinggi badan Anda akan menentukan ukuran frame sepeda yang pas untuk Anda. Karena itu tidak sedikit pabrikan sepeda yang menjual sepeda dengan ukuran frame S, M, dan L.

Pilihlah sepeda yang sesuai untuk Anda. Karena jika tidak sesuai, bukan hanya rugi uang. Mengendarai sepeda yang tidak sesuai dapat membuat Anda cepat letih atau bahkan cedera. Tapi kalau sudah menemukan yang sesuai, Anda akan mencintainya. Ini serius. Tulisan ini bukan saya pelajari dari buku atau sumber lainnya tapi merupakan hasil pengalaman saya sendiri. Kini saya sudah menemukan sepeda yang cocok untuk saya. Bahkan saking seringnya saya bersepeda teman saya menjuluki sepeda saya sebagai “Kolor” saya, dan saya akan gatal ketika tidak sedang menggunakannya. 🙂

– Kosan, Bandung –

    • liza
    • Oktober 9th, 2009

    infonya sih bagus… tapi bener kata lo jul, kaku bacanya. kayak kopi paste dari koran mana gituuu

    • fahad
    • Maret 21st, 2010

    nama saya fahad tinggi kurang lebih 180cm, jalan yang sering dilalui aspal,tanjakan,kadang juga di bebatuan. saya menginginkan beli sepeda polygon…tipe sepeda apa yang cocok buat saya? yang harga 5jt kebawah. trims

  1. Maaf Mas Fahad, lama balesnya. Udah lama ga ngeblog ini.
    Wah, tersanjung sekali saya Mas Fahad nanya saya. 🙂
    Hmm… Saya ga bisa bilang “Pilih sepeda yang frame-nya ukuran M.”, karena ukuran tiap merk beda-beda. Mungkin Mas Fahad bisa cek http://www.ehow.com/how_14104_determine-correct-frame.html lebih lanjutnya. Di sana dijelaskan kalau yang berpengaruh bukan hanya tinggi badan, tapi juga panjang tungkai kaki.
    Tapi kita bikin simpel aja Mas. Mas kan pingin sepeda polygon nih ya, nah setau saya itu tidak banyak pilihan ukuran framenya dan rata-rata udah cukup nyaman. Jadi silakan pilih yang Mas suka, nanti bisa Mas setel posisi sadel, beli stem yang panjangnya sesuai, dll.
    Tipe sepeda, kalau dari permukaan jalan yang akan Mas lewati nanti saya usul sepeda hybrid Mas (gabungan konsep sepeda gunung dan sepeda jalanan) yang suspensinya di depan saja sudah cukup. Yang harganya di bawah lima juta banyak banget Mas. Disesuaikan aja sama keinginan Mas.
    Sekian mungkin yang bisa saya share Mas. Nanti kalau mau beli jangan lupa minta garansi polygon Mas, tanya juga sedetilnya sama yang jual. Sukses Mas!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar